Mengetahui Nilai Total, Rata-rata, Maksimal dan Minimal dalam Microsoft Office Excel - Blog Kang Fatur

Mengetahui Nilai Total, Rata-rata, Maksimal dan Minimal dalam Microsoft Office Excel

Mengetahui Nilai Total, Rata-rata, Maksimal dan Minimal dalam Microsoft Office Excel

Sudah siapkan anda untuk masuk pada pelajaran kita kali ini yaitu untuk mencari nilai tertentu seperti nilai Total, Rata-rata, Maksimal dan Minimal.

Untuk mencari nilai Total rumus yang digunakan adalah SUM (summary), formatnya :

=sum(sel awal..sel akhir)

contoh : misalkan anda diminta untuk menghitung nilai total dari suatu tabel gaji yang dimulai dari sel D5 sampai sel D14 dan hasilnya ditempatkan di sel D16.

=sum(d5..d14) Maka langkah yang harus dilakukan adalah : Pertama, tempatkan pointer pada sel D16, kemudian ketik rumus =sum(d5..d14) dan tekan enter.

Sedangkan untuk Nilai Rata-rata digunakan rumus Average dengan format :

=average(sel awal..sel akhir)

contoh : =average(d5..d14) Penggunaan rumus average ini sama dengan penggunaan rumus untuk mencari nilai total di atas yang membedakan hanya nama perintah/formulanya saja.

Untuk Mencari nilai maksimal dan minimalpun tidak berbeda dengan rumus pencarian nilai total dan rata-rata di atas, yang membedakan hanya nama dari formula itu sendiri yaitu untuk maksimal digunakan rumus MAX sedangkan minimal digunakan rumus MIN dan format masing-masing rumus tersebut adalah : rumus untuk mencari nilai maksimal :

=max(sel awal..sel akhir)

contoh : =max(d5..d14) rumus untuk mencari nilai minimal :

=min(sel awal..sel akhir)

contoh : =min(d5..d14) Untuk lebih jelasnya gunakan tabel yang sudah pernah anda buat sebelumnya pada Belajar Microsoft Office Excel bagian 4 (tabel4.xls). Coba tambahkan di bagian bawah tabel berupa nilai : TOTAL, RATA_RATA, MAX dan MIN seperti yang terlihat dalam gambar berikut.

belajar-excel-5

Selamat Belajar…

No comments:

Subscribe Our Newsletter

Notifications

Disqus Logo