Penggunaan Fungsi (Rumus) IF - Blog Kang Fatur

Penggunaan Fungsi (Rumus) IF

Rumus MIcrosoft Office Excel IF AND biasanya digunakan untuk mencari nilai tertentu berdasarkan dua buah ketentuan ata dua buah persyaratan. Jika kedua persyaratan itu terpenuhi maka diberikan nilai tertentu sedangkan salah satu saja persyaratan atau tidak ada persyaratan yang terpenuhi maka tidak mendapatkan nilai tertentu.

Format rumus/fungsi IF AND adalah sebagai berikut

=IF(AND(Persyaratan1,Persyaratan2),Nilai1,=IF(AND(persyaratan1,persyaratan2),nilai2,nilai3)) Sebagai bahan percobaan kita coba buatkan tabel dengan format sebagai berikut JUDUL TABEL

Sel B3 = NO

Sel C3 = NAMA KARYAWAN

Sel D3 = GOLONGAN

Sel E3 = JABATAN

Sel F3 – GAJI POKOK

Sel G3 = TINJANGAN JABATAN

Sel H3 = GAJI BERSIH

Untuk Kolom Nomor Urut isikan mulai dari 1 sampai 10 Untuk Kolom Nama Karyawan Bebas berikan nama Untuk Kolom Golongan :

  • Nomor 1 = Golongan 3
  • Nomor 3 = Golongan 2
  • Nomor 5 = Golongan 2
  • Selain itu Golongan 1

ntuk Kolom Gaji Pokok, Jika Golongan 3 maka Gaji Pokok 1.000.000, jika Golongan 2 maka gaji pokok 750.000 dan jika golongan 1 maka gaji pokok 500.000 (gunakan rumus IF satu persyaratan) Untuk kolom Tunjangan Jabatan gunakan rumus IF dua persyaratan yang kita pelajari hari ini. Untuk Kolom Gaji bersih gunakan rumus penjumlahan biasa yaitu =GajiPokok+TunjanganJabatan Karena hari ini kita mempelajari rumus IF AND maka mari sama-sama kita buatkan rumus untuk kolom Tunjangan Jabatan. Dari tabel di atas maka rumus untuk Tunjangan Jabatan akan ditempatkan pada sel G5, tempatkan dulu posisi pointer pada sel B5 kemudian ketikan rumus berikut ini :

=IF(AND(D5=3,E5=”Direktur”),500000,IF(AND(D5=2,E5=”Kabag”),350000,0))

Penjelasan :

Jika Golongan 3 dan Jabatan Direktur maka Tunjangan Jabatan 500.000

Jika Golongan 2 dan Jabatan Kabag maka 350.000

Jika tidak maka 0

Sekian dan selamat belajar…

Sumber: Belajar Ilmu Komputer

No comments:

Subscribe Our Newsletter

Notifications

Disqus Logo