1. Kaum mukminin
2. Orang-orang kafir
3. Orang-orang munafik
Allah Subhanahu wa Taโala membeberkan kepada kaum mukminin di dalam ayat-ayat tersebut tentang kebusukan hati orang-orang munafik dan permusuhan mereka kepada kaum mukminin.
Allah Subhanahu wa Taโala menerangkan bahwa mereka adalah orang-orang yang berbuat kerusakan namun mengklaim sebagai orang yang melakukan perbaikan:
ููุฅูุฐูุง ููููู ููููู ู ููุง ุชูููุณูุฏููุง ููู ุงููุฃูุฑูุถู ููุงูููุง ุฅููููู ูุง ููุญููู ู ูุตูููุญูููู. ุฃูููุง ุฅููููููู ู ููู ู ุงููู ูููุณูุฏูููู ูููููููู ููุง ููุดูุนูุฑูููู
Apabila dikatakan kepada mereka, โJanganlah kalian melakukan kerusakan di muka bumi.โ Maka mereka berkata, โKami hanyalah orang-orang yang melakukan perbaikan.โ Ketahuilah, mereka adalah umat yang melakukan kerusakan namun mereka tidak mengetahuinya. (Al-Baqarah: 11-12)
Mereka adalah orang-orang dungu. Allah Subhanahu wa Taโala berfirman:
ููุฅูุฐูุง ููููู ููููู ู ุกูุงู ููููุง ููู ูุง ุกูุงู ููู ุงููููุงุณู ููุงูููุง ุฃูููุคูู ููู ููู ูุง ุกูุงู ููู ุงูุณููููููุงุกู ุฃูููุง ุฅููููููู ู ููู ู ุงูุณููููููุงุกู ูููููููู ููุง ููุนูููู ูููู
Apabila dikatakan kepada mereka, โBerimanlah kamu sebagaimana orang-orang lain telah beriman.โ Mereka menjawab, โAkan berimankah kami sebagaimana orang-orang yang bodoh itu telah beriman?โ Ingatlah, sesungguhnya merekalah orang-orang yang bodoh (dungu), tetapi mereka tidak tahu. (Al-Baqarah: 13)
Allah Subhanahu wa Taโala akan memperolok mereka:
ุงูููููู ููุณูุชูููุฒูุฆู ุจูููู ู ููููู ูุฏููููู ู ููู ุทูุบูููุงููููู ู ููุนูู ูููููู
โAllah akan (membalas) olok-olokan mereka dan membiarkan mereka terombang-ambing dalam kesesatan mereka.โ (Al-Baqarah: 15)
Di antara bentuk balasan dari Allah Subhanahu wa Taโala adalah ketika di hari kiamat nanti, sebagaimana Allah Subhanahu wa Taโala berfirman:
ููููู ู ุชูุฑูู ุงููู ูุคูู ูููููู ููุงููู ูุคูู ูููุงุชู ููุณูุนูู ูููุฑูููู ู ุจููููู ุฃูููุฏููููู ู ููุจูุฃูููู ูุงููููู ู ุจูุดูุฑูุงููู ู ุงููููููู ู ุฌููููุงุชู ุชูุฌูุฑูู ู ููู ุชูุญูุชูููุง ุงููุฃูููููุงุฑู ุฎูุงููุฏูููู ูููููุง ุฐููููู ูููู ุงููููููุฒู ุงููุนูุธููู ู. ููููู ู ููููููู ุงููู ูููุงููููููู ููุงููู ูููุงููููุงุชู ูููููุฐูููู ุกูุงู ููููุง ุงููุธูุฑููููุง ููููุชูุจูุณู ู ููู ูููุฑูููู ู ููููู ุงุฑูุฌูุนููุง ููุฑูุงุกูููู ู ููุงููุชูู ูุณููุง ูููุฑูุง ููุถูุฑูุจู ุจูููููููู ู ุจูุณููุฑู ูููู ุจูุงุจู ุจูุงุทููููู ููููู ุงูุฑููุญูู ูุฉู ููุธูุงููุฑููู ู ููู ููุจููููู ุงููุนูุฐูุงุจู. ููููุงุฏููููููู ู ุฃูููู ู ูููููู ู ูุนูููู ู ููุงูููุง ุจูููู ูููููููููููู ู ููุชูููุชูู ู ุฃูููููุณูููู ู ููุชูุฑูุจููุตูุชูู ู ููุงุฑูุชูุจูุชูู ู ููุบูุฑููุชูููู ู ุงููุฃูู ูุงููููู ุญูุชููู ุฌูุงุกู ุฃูู ูุฑู ุงูููู ููุบูุฑููููู ู ุจูุงูููููู ุงููุบูุฑููุฑู
(Yaitu) pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, (dikatakan kepada meraka): โPada hari ini ada berita gembira untukmu, (yaitu) surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, yang kamu kekal di dalamnya. Itulah keberuntungan yang besar.โ Pada hari ketika orang-orang munafik laki-laki dan perempuan berkata kepada orang-orang yang beriman: โTunggulah kami supaya kami dapat mengambil sebagian dari cahayamu.โ Dikatakan (kepada mereka): โKembalilah kamu ke belakang dan carilah sendiri cahaya (untukmu).โ Lalu diadakan di antara mereka dinding yang mempunyai pintu, di sebelah dalamnya ada rahmat dan di sebelah luarnya dari situ ada siksa. Orang-orang munafik itu memanggil mereka (orang-orang mukmin) seraya berkata: โBukankah kami dahulu bersama-sama dengan kalian?โ Mereka menjawab: โBenar, tetapi kalian mencelakakan diri kalian sendiri dan menunggu (kehancuran kami) dan kamu ragu-ragu serta ditipu oleh angan-angan kosong sehingga datanglah ketetapan Allah, dan kamu telah ditipu terhadap Allah oleh (setan) yang amat penipu.โ (Al-Hadid: 12-14)
Di dalam ayat-ayat lainnya, Allah Subhanahu wa Taโala mengancam orang-orang munafikin dengan ancaman yang keras. Allah Subhanahu wa Taโala berfirman:
ุฃูููู ู ููุนูููู ููุง ุฃูููููู ู ููู ููุญูุงุฏูุฏู ุงูููู ููุฑูุณูููููู ููุฃูููู ูููู ููุงุฑู ุฌููููููู ู ุฎูุงููุฏูุง ูููููุง ุฐููููู ุงููุฎูุฒููู ุงููุนูุธููู ู
โTidakkah mereka (orang-orang munafik) mengetahui bahwasanya barangsiapa menentang Allah dan Rasul-Nya maka bagi dia neraka jahanam. Dia kekal di dalamnya dan itu adalah kehinaan yang besar.โ (At-Taubah: 63)
Di dalam ayat yang lain:
ููุนูุฏู ุงูููู ุงููู ูููุงููููููู ููุงููู ูููุงููููุงุชู ููุงูููููููุงุฑู ููุงุฑู ุฌููููููู ู ุฎูุงููุฏูููู ูููููุง
โAllah mengancam orang-orang munafik yang laki-laki dan perempuan serta orang-orang kafir dengan neraka jahanam. Mereka kekal di dalamnya.โ (At-Taubah: 68)
Kelak mereka akan ada di kerak neraka yang terbawah:
ุฅูููู ุงููู ูููุงููููููู ููู ุงูุฏููุฑููู ุงููุฃูุณููููู ู ููู ุงููููุงุฑู ูููููู ุชูุฌูุฏู ููููู ู ููุตููุฑูุง
โSesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka.โ (An-Nisa: 145)
Banyak lagi nash dalam Al-Qurโan dan As-Sunnah yang menunjukkan keburukan orang-orang munafik dan ancaman bagi mereka. Sehingga seyogianya bagi seorang muslim untuk berhati-hati dari mereka dan juga menjauhi sifat-sifat mereka.
Pengertian nifaq (kemunafikan)
Kemunafikan adalah menyembunyikan kebatilan dan menampakkan kebaikan. Kemunafikan adalah penyakit hati yang berbahaya. Allah Subhanahu wa Taโala berfirman:
ููู ูููููุจูููู ู ู ูุฑูุถู ููุฒูุงุฏูููู ู ุงูููู ู ูุฑูุถูุง ููููููู ู ุนูุฐูุงุจู ุฃููููู ู ุจูู ูุง ููุงูููุง ููููุฐูุจูููู
โDalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya. Dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta.โ (Al-Baqarah: 10)
Jenis nifaq (kemunafikan)
Ada dua jenis, yakni nifaq akbar (kemunafikan besar) dan nifaq asghar (kemunafikan kecil). Kemunafikan akbar yang disebut juga kemunafikan iโtiqadi (keyakinan) adalah menyembunyikan kekufuran dan menampakkan keislaman. Kemunafikan ini mengeluarkan pelakunya dari Islam.
Kemunafikan asghar yang disebut pula kemunafikan amali (amalan) adalah menampakkan lahiriah yang baik dan menyembunyikan kebalikannya. Pokok kemunafikan asghar kembali kepada lima perkara: Sering berdusta ketika berbicara, sering tidak menepati janji, jika berselisih melampaui batas, jika melakukan perjanjian melanggarnya, dan sering khianat jika diberi amanah.
Ibnu Rajab rahimahullahu berkata: โKesimpulannya, kemunafikan asghar semuanya kembali kepada berbedanya seseorang ketika sedang sendiri dan ketika terlihat (bersama) orang lain, sebagaimana dikatakan oleh Hasan Al-Bashri rahimahullahu.โ (Lihat Jamiโul โUlum wal Hikam hal. 747)
Perbedaan kemunafikan kecil dan kemunafikan besar
Di antara perbedaan antara keduanya adalah:
1. Kemunafikan akbar pelakunya keluar dari Islam, adapun kemunafikan asghar tidak mengeluarkan dari Islam.
2. Kemunafikan akbar tidak mungkin bersatu dengan keimanan, adapun kemunafikan asghar mungkin ada pada seorang yang beriman.
3. Kemunafikan akbar pelakunya kekal di neraka, sedangkan kemunafikan asghar pelakunya tidak kekal di neraka.
(Lihat Kitabut Tauhid, Asy-Syaikh Shalih Al-Fauzan)
Bahaya kemunafikan asghar
Ibnu Rajab rahimahullahu berkata: โKemunafikan asghar adalah jalan menuju kemunafikan akbar, sebagaimana maksiat adalah lorong menuju kekufuran. Sebagaimana orang yang terus-menerus di atas maksiat dikhawatirkan dicabut keimanannya ketika menjelang mati, demikian juga orang yang terus-menerus di atas kemunafikan asghar dikhawatirkan dicabut darinya keimanan dan menjadi munafik tulen.โ (Lihat Jamiโul โUlum wal Hikam)
Orang beriman senantiasa khawatir terjatuh ke dalam kemunafikan
Ibnu Mulaikah rahimahullahu berkata: โAku mendapati tiga puluh orang sahabat Rasulullah Shallallahu โalaihi wa sallam, semuanya mengkhawatirkan kemunafikan atas dirinya.โ
Umar bin Al-Khaththab radhiyallahu โanhu sampai bertanya kepada Hudzaifah radhiyallahu โanhu, apakah dirinya termasuk yang disebut oleh Rasulullah Shallallahu โalaihi wa sallam sebagai orang munafik.
Sebagian ulama menyatakan: โTidak ada yang takut dari kemunafikan kecuali mukmin, dan tidak ada yang merasa aman darinya kecuali munafik.โ (dibawakan oleh Al-Bukhari rahimahullahu dari Al-Hasan Al-Bashri rahimahullahu)
Al-Imam Ahmad rahimahullahu ditanya, โApa pendapatmu tentang orang yang mengkhawatirkan atas dirinya kemunafikan?โ Beliau menjawab, โSiapa yang merasa dirinya aman dari kemunafikan?โ (Lihat Jamiโul โUlum wal Hikam)
Jauhi sifat-sifat munafik
Kami akan sebutkan beberapa sifat kemunafikan amali yang telah disebutkan oleh Rasulullah Shallallahu โalaihi wa sallam, karena kemunafikan amali inilah yang kadang dianggap remeh oleh sebagian kaum muslimin. Padahal kemunafikan amali sangatlah fatal akibatnya jika terus dilakukan seseorang. Sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Rajab rahimahullahu: โKemunafikan asghar adalah jalan menuju kemunafikan akbar, sebagaimana maksiat adalah lorong menuju kekufuran. Sebagaimana orang yang terus-menerus di atas maksiat dikhawatirkan dicabut keimanannya ketika menjelang mati. Demikian juga orang yang terus-menerus di atas kemunafikan asghar dikhawatirkan dicabut darinya keimanan dan menjadi munafik tulen.โ
Rasulullah Shallallahu โalaihi wa sallam bersabda:
ุขููุฉู ุงููู ูููุงูููู ุซูููุงุซูุ ุฅูุฐูุง ุญูุฏููุซู ููุฐูุจูุ ููุฅูุฐูุง ุงุคูุชูู ููู ุฎูุงููุ ููุฅูุฐูุง ููุนูุฏู ุฃูุฎููููู
โTanda orang munafik ada tiga: Jika bicara berdusta, jika diberi amanah berkhianat, dan jika berjanji menyelisihinya.โ
Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu โanhuma, dari Nabi Shallallahu โalaihi wa sallam bersabda:
ุฃูุฑูุจูุนู ู ููู ููููู ููููู ููุงูู ู ูููุงููููุง ุฎูุงููุตูุงุ ููุฅููู ููุงููุชู ุฎูุตููุฉู ู ูููููููู ููููู ููุงููุชู ููููู ุฎูุตูููุฉู ู ููู ุงููููููุงูู ุญูุชููู ููุฏูุนูููุง: ู ููู ุฅูุฐูุง ุญูุฏููุซู ููุฐูุจูุ ููุฅูุฐูุง ููุนูุฏู ุฃูุฎูููููุ ููุฅูุฐูุง ุฎูุงุตูู ู ููุฌูุฑูุ ููุฅูุฐูุง ุนูุงููุฏู ุบูุฏูุฑู
โEmpat perkara, barangsiapa yang ada pada dirinya keempat perkara tersebut maka ia munafik tulen. Jika ada padanya satu di antara perangai tersebut berarti ada pada dirinya satu perangai kemunafikan sampai meninggalkannya: Yaitu seseorang jika bicara berdusta, jika membuat janji tidak menepatinya, jika berselisih melampui batas, dan jika melakukan perjanjian mengkhianatinya.โ
Hadits-hadits ini menunjukkan bahwa di antara perangai kemunafikan adalah:
1. Berdusta ketika bicara
Al-Hasan Al-Bashri rahimahullahu berkata: โInti kemunafikan yang dibangun di atasnya kemunafikan adalah dusta.โ
2. Mengingkari janji
3. Mengkhianati amanah
4. Membatalkan perjanjian secara sepihak
Perjanjian yang dimaksud dalam hadits ini ada dua:
1. Perjanjian dengan Allah Subhanahu wa Taโala untuk senantiasa beribadah kepada-Nya.
2. Perjanjian dengan hamba-hamba Allah Subhanahu wa Taโala, dan ini mencakup banyak perkara.
Oleh karena itu, seorang mukmin seharusnya senantiasa berusaha memenuhi perjanjiannya, terlebih lagi perjanjiannya dengan Allah Subhanahu wa Taโala. Allah Subhanahu wa Taโala berfirman:
ู ููู ุงููู ูุคูู ูููููู ุฑูุฌูุงูู ุตูุฏููููุง ู ูุง ุนูุงููุฏููุง ุงูููู ุนููููููู ููู ูููููู ู ู ููู ููุถูู ููุญูุจููู ููู ูููููู ู ู ููู ููููุชูุธูุฑู ููู ูุง ุจูุฏูููููุง ุชูุจูุฏููููุง
โDi antara orang-orang mukmin itu ada orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah. Maka di antara mereka ada yang gugur. Dan di antara mereka ada (pula) yang menunggu-nunggu dan mereka tidak mengubah (janjinya).โ (Al-Ahzab: 23)
Lain halnya dengan orang-orang kafir dan munafik. Mereka adalah orang-orang yang suka membatalkan secara sepihak serta tidak menepati perjanjian. Allah Subhanahu wa Taโala berfirman:
ุงูููุฐูููู ููููููุถูููู ุนูููุฏู ุงูููู ู ููู ุจูุนูุฏู ู ููุซูุงูููู ููููููุทูุนูููู ู ูุง ุฃูู ูุฑู ุงูููู ุจููู ุฃููู ูููุตููู ููููููุณูุฏูููู ููู ุงููุฃูุฑูุถู ุฃููููุฆููู ููู ู ุงููุฎูุงุณูุฑูููู
โ(Yaitu) orang-orang yang melanggar perjanjian Allah sesudah perjanjian itu teguh dan memutuskan apa yang diperintahkan Allah (kepada mereka) untuk menghubungkannya serta membuat kerusakan di muka bumi. Mereka itulah orang-orang yang rugi.โ (Al-Baqarah: 27)
Allah Subhanahu wa Taโala berfirman:
ุงูููุฐูููู ุนูุงููุฏูุชู ู ูููููู ู ุซูู ูู ููููููุถูููู ุนูููุฏูููู ู ููู ููููู ู ูุฑููุฉู ููููู ู ููุง ููุชููููููู
โ(Yaitu) orang-orang yang kamu telah mengambil perjanjian dari mereka, sesudah itu mereka mengkhianati janjinya setiap kalinya, dan mereka tidak takut (akibat-akibatnya).โ (Al-Anfal: 56)
Allah Subhanahu wa Taโala berfirman:
ููู ูููููู ู ู ููู ุนูุงููุฏู ุงูููู ููุฆููู ุกูุงุชูุงููุง ู ููู ููุถููููู ููููุตููุฏููููููู ูููููููููููููู ู ููู ุงูุตููุงููุญูููู. ููููู ููุง ุกูุงุชูุงููู ู ู ููู ููุถููููู ุจูุฎููููุง ุจููู ููุชููููููููุง ููููู ู ู ูุนูุฑูุถูููู. ููุฃูุนูููุจูููู ู ููููุงููุง ููู ูููููุจูููู ู ุฅูููู ููููู ู ูููููููููููู ุจูู ูุง ุฃูุฎููููููุง ุงูููู ู ูุง ููุนูุฏูููู ููุจูู ูุง ููุงูููุง ููููุฐูุจูููู
Dan di antara mereka ada orang yang telah berikrar kepada Allah: โSesungguhnya jika Allah memberikan sebagian karunia-Nya kepada kami, pastilah kami akan bersedekah dan pastilah kami termasuk orang-orang yang shalih.โ Maka setelah Allah memberikan kepada mereka sebagian dari karunia-Nya, mereka kikir dengan karunia itu dan berpaling, dan mereka memanglah orang-orang yang selalu membelakangi (kebenaran). Maka Allah menimbulkan kemunafikan pada hati mereka sampai kepada waktu mereka menemui Allah, karena mereka telah memungkiri terhadap Allah Subhanahu wa Taโala apa yang telah mereka ikrarkan kepada-Nya dan juga karena mereka selalu berdusta. (At-Taubah: 75-77)
Wajib hukumnya memenuhi perjanjian dengan hamba Allah Subhanahu wa Taโala
Ibnu Rajab rahimahullahu menyatakan: โMengingkari (mengkhianati) perjanjian adalah haram dalam semua perjanjian seorang muslim dengan yang lainnya walaupun dengan seorang kafir muโahad. Oleh karena itu, Rasulullah Shallallahu โalaihi wa sallam bersabda:
ู ููู ููุชููู ู ูุนูุงููุฏูุง ููู ู ููุฑูุญู ุฑูุงุฆูุญูุฉู ุงููุฌููููุฉู ููุฅูููู ุฑููุญูููุง ุชููุฌูุฏู ู ููู ู ูุณููุฑูุฉู ุฃูุฑูุจูุนูููู ุนูุงู ูุง
โBarangsiapa membunuh kafir muโahad tidak akan mencium bau surga padahal wanginya surga tercium dari jarak 40 tahun perjalanan.โ (HR. Al-Bukhari no. 3166) [Lihat Jamiโul โUlum wal Hikam hal. 744]
Ibnu Rajab Al-Hanbali rahimahullahu juga menyatakan: โAdapun perjanjian di antara kaum muslimin maka keharusan untuk memenuhinya lebih kuat lagi, dan membatalkannya lebih besar dosanya. Yang paling besar adalah membatalkan perjanjian taat kepada pemimpin muslimin yang (kita) telah berbaiโat kepadanya.โ
Rasulullah Shallallahu โalaihi wa sallam bersabda:
ุซูููุงุซูุฉู ููุง ูููููููู ูููู ู ุงูููู ููููุง ููููุธูุฑู ุฅูููููููู ู ููููุง ููุฒูููููููู ู ููููููู ู ุนูุฐูุงุจู ุฃููููู ู: ...ููุฑูุฌููู ุจูุงููุนู ุฑูุฌูููุง ููุง ููุจูุงููุนููู ุฅููููุง ูููุฏููููููุง ููุฅููู ุฃูุนูุทูุงูู ู ูุง ููุฑููุฏู ููููู ูููู...
Tiga golongan yang tidak akan diajak bicara oleh Allah Subhanahu wa Taโala di hari kiamat nanti, tidak akan disucikan, dan mereka akan mendapatkan azab yang pedih โdi antaranya: โSeorang yang membaiโat pemimpinnya hanya karena dunia, jika pemimpinnya memberi apa yang dia mau dia penuhi perjanjiannya dan jika tidak maka dia pun tidak menepati perjanjiannya.โ (HR. Al-Bukhari no. 2672, Muslim no. 108)
Berhati-hatilah dari berbagai bentuk kemunafikan
Ibnu Taimiyah rahimahullahu berkata: โSebagian orang mengira kemunafikan hanyalah ada di zaman Rasulullah Shallallahu โalaihi wa sallam saja, tidak ada kemunafikan setelah zaman beliau. Ini adalah prasangka yang salah. Hudzaifah radhiyallahu โanhu berkata: โKemunafikan pada zaman ini lebih dahsyat dari kemunafikan di zaman Rasulullah Shallallahu โalaihi wa sallam.โ Mereka berkata: โBagaimana (bisa dikatakan demikian)?โ Beliau menjawab: โOrang-orang munafik di zaman Rasulullah Shallallahu โalaihi wa sallam menyembunyikan kemunafikan mereka. Adapun sekarang, mereka (berani) menampakkan kemunafikan merekaโ.โ
Asy-Syaikh Rabiโ bin Hadi Al-Madkhali berkata: โKemunafikan sekarang ini banyak terjadi pada pergerakan politik, sebagaimana telah dipersaksikan oleh sebagian mereka. Sebagian mereka menyatakan: โAku tidak pernah tahu ada politikus yang tidak berdusta.โ Sebagian bahkan menyatakan: โSesungguhnya politik adalah kemunafikan.โ Sehingga kebanyakan politikus terkena kemunafikan amali dalam partai-partai politik.โ
Beliau juga menyatakan: โDi antara tanda kemunafikan amali adalah ber-walaโ (berloyalitas) dengan ahlul bidโah serta membuat manhaj-manhaj berbahaya dalam rangka melawan dan meruntuhkan manhaj Ahlus Sunnah wal Jamaah.โ (Syarh Ushulus Sunnah)
Penutup
Saudaraku sekalianโฆ
Allah Subhanahu wa Taโala memerintahkan agar kita bersikap keras dan menjauhi orang-orang munafik serta menjadikannya sebagai musuh. Allah Subhanahu wa Taโala berfirman:
ููุงุฃููููููุง ุงููููุจูููู ุฌูุงููุฏู ุงูููููููุงุฑู ููุงููู ูููุงููููููู ููุงุบูููุธู ุนูููููููู ู
โWahai Nabi, jihadilah orang-orang kafir dan munafikin serta bersikap keraslah kepada mereka.โ (At-Tahrim: 9)
Dalam ayat yang lain:
ููู ู ุงููุนูุฏูููู ููุงุญูุฐูุฑูููู ู
โMereka (orang-orang munafik) adalah musuh maka hati-hatilah dari merekaโฆโ (Al-Munafiqun: 4)
Maka, sepatutnya seorang muslim menjauhkan diri dari amalan dan sifat-sifat musuh mereka, serta menjauhkan diri dari semua perkara yang akan menjatuhkan dirinya ke dalam kemunafikan, seperti politik praktis dan berbagai jenis kebidโahan. Nasโalullah al-โafwa wal afiyah.
No comments: