Membuat Multi Level Drop-Down Menu - Blog Kang Fatur
Buy Now
Dengan di temaninya sebungkus rokok dan segelas kopy plus martabak akhirnya Alhamdulillah kang fatur bisa jalan jalan di dunia tidaknyata alias Internet. Dan Alhamdulillah saya mendapat oleh-oleh dari salah seorang hali bloger orang Arab Saudi untuk dibagikan kepada para sobat semua.

Oleh-oleh yang saya dapatkan dan yang saya akan bagikan pada malam ini yaitu tentang Membuat Multi Level Drop-Down Menu Dengan CSS dan JQuery. Mungkin para sobat juga sudah banyak mendengar tentang masalah ini, dan sudah banyak para ahli yang mempostingkannya, namun saya hanya sekedar ingin berbagi sama para sobat yang masih awam seperti saya dan mudah mudahan postingan kali ini dapat bermanfaat.

Baik, untuk para pemula semuanya kalau belum tahu apa itu Multi Level drops-Down Menu di bawah ini contoh gambarnya :



Gimana tertarik?? Nah berikut langkah-langkah membuat multi level drop-down menu dengan JQuery.


1. Seperti biasa Log In pada account blogger sobat>>> pada dasbor>>> Klik Tata Letak>>> Edit HTML


2. Tambahkan script JQuery berikut sebelum tag </head>

<script type="text/javascript" src="http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.2.6/jquery.min.js"></script>



catatan: bagi sobat yang sudah pernah menambahkan atau pada templatenya sudah terdapat scrip Jquery maka langkah kedua abaikan saja


3. Tambahkan juga script berikut setelah script JQuery yang tadi

<link rel="stylesheet" type="text/css" href="jqueryslidemenu.css" />

<!--[if lte IE 7]>
<style type="text/css">
html .jqueryslidemenu{height: 1%;} /*Holly Hack for IE7 and below*/
</style>
<![endif]-->


<script type="text/javascript" src="http://sites.google.com/site/amatullah83/js-indahnyaberbagi/Dropdownmenuwithjquery.js"></script>

4. Selanjutnya tambahkan kode CSS berikut diatas tag ]]></b:skin>:

.jqueryslidemenu{
font: bold 12px Verdana;
background: #414141;
width: 100%;
}

.jqueryslidemenu ul{
margin: 0;
padding: 0;
list-style-type: none;
}

/*Top level list items*/
.jqueryslidemenu ul li{
position: relative;
display: inline;
float: left;
}

/*Top level menu link items style*/
.jqueryslidemenu ul li a{
display: block;
background: #414141; /*background of tabs (default state)*/
color: white;
padding: 8px 10px;
border-right: 1px solid #778;
color: #2d2b2b;
text-decoration: none;
}

* html .jqueryslidemenu ul li a{ /*IE6 hack to get sub menu links to behave correctly*/
display: inline-block;
}

.jqueryslidemenu ul li a:link, .jqueryslidemenu ul li a:visited{
color: white;
}

.jqueryslidemenu ul li a:hover{
background: black; /*tab link background during hover state*/
color: white;
}

/*1st sub level menu*/
.jqueryslidemenu ul li ul{
position: absolute;
left: 0;
display: block;
visibility: hidden;
}

/*Sub level menu list items (undo style from Top level List Items)*/
.jqueryslidemenu ul li ul li{
display: list-item;
float: none;
}

/*All subsequent sub menu levels vertical offset after 1st level sub menu */
.jqueryslidemenu ul li ul li ul{
top: 0;
}

/* Sub level menu links style */
.jqueryslidemenu ul li ul li a{
font: normal 13px Verdana;
width: 160px; /*width of sub menus*/
padding: 5px;
margin: 0;
border-top-width: 0;
border-bottom: 1px solid gray;
}

.jqueryslidemenuz ul li ul li a:hover{ /*sub menus hover style*/
background: #eff9ff;
color: black;
}

/* ######### CSS classes applied to down and right arrow images ######### */

.downarrowclass{
position: absolute;
top: 12px;
right: 7px;
}

.rightarrowclass{
position: absolute;
top: 6px;
right: 5px;
}



5. Terakhir tambahkan kode HTML berikut diatas <div id='header-wrapper'>

<div id="myslidemenu" class="jqueryslidemenu">
<ul>
<li><a href="http://amatullah83.blogspot.com/">Item 1</a></li>
<li><a href="#">Item 2</a></li>
<li><a href="#">Folder 1</a>
<ul>
<li><a href="#">Sub Item 1.1</a></li>
<li><a href="#">Sub Item 1.2</a></li>
<li><a href="#">Sub Item 1.3</a></li>
<li><a href="#">Sub Item 1.4</a></li>
</ul>
</li>
<li><a href="#">Item 3</a></li>
<li><a href="#">Folder 2</a>
<ul>
<li><a href="#">Sub Item 2.1</a></li>
<li><a href="#">Folder 2.1</a>
<ul>
<li><a href="#">Sub Item 2.1.1</a></li>
<li><a href="#">Sub Item 2.1.2</a></li>
<li><a href="#">Folder 3.1.1</a>
<ul>
<li><a href="#">Sub Item 3.1.1.1</a></li>
<li><a href="#">Sub Item 3.1.1.2</a></li>
<li><a href="#">Sub Item 3.1.1.3</a></li>
<li><a href="#">Sub Item 3.1.1.4</a></li>
<li><a href="#">Sub Item 3.1.1.5</a></li>
</ul>
</li>
<li><a href="#">Sub Item 2.1.4</a></li>
</ul>
</li>
</ul>
</li>
<li><a href="http://amatullah83.blogspot.com/">Item 4</a></li>
</ul>
<br style="clear: left" />
</div>



6. Simpan template maka Hasilnya seperti pada gambar di bawah ini :



Untuk Sobat yang sudah hali dengan CSS silahkan edit sesuai selera sobat untuk kode warna silahkan klik disini.

Sekian dulu dari saya, insya Allah postingan selanjutnya menyusul, mau nerusin ngopy dulu takut keburu dingin.

Semoga bermanfaat! Thanks to Dinamic Drive

KOMENTAR ANDA SANGAT BERMANFAAT BAGI PERKEMBANGAN BLOG INI

Membuat Multi Level Drop-Down Menu

Dengan di temaninya sebungkus rokok dan segelas kopy plus martabak akhirnya Alhamdulillah kang fatur bisa jalan jalan di dunia tidaknyata alias Internet. Dan Alhamdulillah saya mendapat oleh-oleh dari salah seorang hali bloger orang Arab Saudi untuk dibagikan kepada para sobat semua.

Oleh-oleh yang saya dapatkan dan yang saya akan bagikan pada malam ini yaitu tentang Membuat Multi Level Drop-Down Menu Dengan CSS dan JQuery. Mungkin para sobat juga sudah banyak mendengar tentang masalah ini, dan sudah banyak para ahli yang mempostingkannya, namun saya hanya sekedar ingin berbagi sama para sobat yang masih awam seperti saya dan mudah mudahan postingan kali ini dapat bermanfaat.

Baik, untuk para pemula semuanya kalau belum tahu apa itu Multi Level drops-Down Menu di bawah ini contoh gambarnya :



Gimana tertarik?? Nah berikut langkah-langkah membuat multi level drop-down menu dengan JQuery.


1. Seperti biasa Log In pada account blogger sobat>>> pada dasbor>>> Klik Tata Letak>>> Edit HTML


2. Tambahkan script JQuery berikut sebelum tag </head>

<script type="text/javascript" src="http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.2.6/jquery.min.js"></script>



catatan: bagi sobat yang sudah pernah menambahkan atau pada templatenya sudah terdapat scrip Jquery maka langkah kedua abaikan saja


3. Tambahkan juga script berikut setelah script JQuery yang tadi

<link rel="stylesheet" type="text/css" href="jqueryslidemenu.css" />

<!--[if lte IE 7]>
<style type="text/css">
html .jqueryslidemenu{height: 1%;} /*Holly Hack for IE7 and below*/
</style>
<![endif]-->


<script type="text/javascript" src="http://sites.google.com/site/amatullah83/js-indahnyaberbagi/Dropdownmenuwithjquery.js"></script>

4. Selanjutnya tambahkan kode CSS berikut diatas tag ]]></b:skin>:

.jqueryslidemenu{
font: bold 12px Verdana;
background: #414141;
width: 100%;
}

.jqueryslidemenu ul{
margin: 0;
padding: 0;
list-style-type: none;
}

/*Top level list items*/
.jqueryslidemenu ul li{
position: relative;
display: inline;
float: left;
}

/*Top level menu link items style*/
.jqueryslidemenu ul li a{
display: block;
background: #414141; /*background of tabs (default state)*/
color: white;
padding: 8px 10px;
border-right: 1px solid #778;
color: #2d2b2b;
text-decoration: none;
}

* html .jqueryslidemenu ul li a{ /*IE6 hack to get sub menu links to behave correctly*/
display: inline-block;
}

.jqueryslidemenu ul li a:link, .jqueryslidemenu ul li a:visited{
color: white;
}

.jqueryslidemenu ul li a:hover{
background: black; /*tab link background during hover state*/
color: white;
}

/*1st sub level menu*/
.jqueryslidemenu ul li ul{
position: absolute;
left: 0;
display: block;
visibility: hidden;
}

/*Sub level menu list items (undo style from Top level List Items)*/
.jqueryslidemenu ul li ul li{
display: list-item;
float: none;
}

/*All subsequent sub menu levels vertical offset after 1st level sub menu */
.jqueryslidemenu ul li ul li ul{
top: 0;
}

/* Sub level menu links style */
.jqueryslidemenu ul li ul li a{
font: normal 13px Verdana;
width: 160px; /*width of sub menus*/
padding: 5px;
margin: 0;
border-top-width: 0;
border-bottom: 1px solid gray;
}

.jqueryslidemenuz ul li ul li a:hover{ /*sub menus hover style*/
background: #eff9ff;
color: black;
}

/* ######### CSS classes applied to down and right arrow images ######### */

.downarrowclass{
position: absolute;
top: 12px;
right: 7px;
}

.rightarrowclass{
position: absolute;
top: 6px;
right: 5px;
}



5. Terakhir tambahkan kode HTML berikut diatas <div id='header-wrapper'>

<div id="myslidemenu" class="jqueryslidemenu">
<ul>
<li><a href="http://amatullah83.blogspot.com/">Item 1</a></li>
<li><a href="#">Item 2</a></li>
<li><a href="#">Folder 1</a>
<ul>
<li><a href="#">Sub Item 1.1</a></li>
<li><a href="#">Sub Item 1.2</a></li>
<li><a href="#">Sub Item 1.3</a></li>
<li><a href="#">Sub Item 1.4</a></li>
</ul>
</li>
<li><a href="#">Item 3</a></li>
<li><a href="#">Folder 2</a>
<ul>
<li><a href="#">Sub Item 2.1</a></li>
<li><a href="#">Folder 2.1</a>
<ul>
<li><a href="#">Sub Item 2.1.1</a></li>
<li><a href="#">Sub Item 2.1.2</a></li>
<li><a href="#">Folder 3.1.1</a>
<ul>
<li><a href="#">Sub Item 3.1.1.1</a></li>
<li><a href="#">Sub Item 3.1.1.2</a></li>
<li><a href="#">Sub Item 3.1.1.3</a></li>
<li><a href="#">Sub Item 3.1.1.4</a></li>
<li><a href="#">Sub Item 3.1.1.5</a></li>
</ul>
</li>
<li><a href="#">Sub Item 2.1.4</a></li>
</ul>
</li>
</ul>
</li>
<li><a href="http://amatullah83.blogspot.com/">Item 4</a></li>
</ul>
<br style="clear: left" />
</div>



6. Simpan template maka Hasilnya seperti pada gambar di bawah ini :



Untuk Sobat yang sudah hali dengan CSS silahkan edit sesuai selera sobat untuk kode warna silahkan klik disini.

Sekian dulu dari saya, insya Allah postingan selanjutnya menyusul, mau nerusin ngopy dulu takut keburu dingin.

Semoga bermanfaat! Thanks to Dinamic Drive

KOMENTAR ANDA SANGAT BERMANFAAT BAGI PERKEMBANGAN BLOG INI

17 comments:

  1. Trima kasih banyak atas berbagi pengetahuannya. Berkat blog Mas Fathur. Saya jadi tambah pengalaman.Satu lagi saya minta tolong gimana cara nambah globe dari revolvermaps, udah saya coba tapi ga berhasil. sekali lagi terima kasih atas bantuannya. Silahkan kalau ada waktu mampir ke blog saya"TRISNANUSA".

    ReplyDelete
  2. Hebat motonhya,
    benar ilmu bermaanfaat untuk di bagikan kelak akan menjadi penerang di saat kematian datang.

    salam kenal dari ane sob

    ReplyDelete
  3. trimakasih ilmunya,
    tapi kok htmlnya pake ada kata di kuip.....

    ReplyDelete
  4. cara mengisinya gimana gan...!!
    koq ga bsa di isi postingan,,,,

    ReplyDelete
  5. kok gk bisa y???apa ada yang salah?

    ReplyDelete
  6. bagus blognya bangeeeeeeeettttttttttttttt

    ReplyDelete
  7. Bisa Sih biasa tapi koq ada bacaa'n nya dikutip dari

    gimana ngerubahnya akang ?

    ReplyDelete
  8. blognya bangus, sampe iri, wah aku dah coba pakai cem macem software. pake css3 hasilnya bertumpuk tumpuk. nyerah. tolong dong lihat blogku jelek banget, maaf otodidak sih nggak ada yang ngajarin. mail : pakbag66@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  9. kang tolong timbal balik ya???? www.central03.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. aku berterima kasih banyak kepada kang fatur yang selama ini telah berbagi pengetahuan banyak tentang blogger trik and tipsnya hebat-hebat..?

    ReplyDelete
  11. siip lahhh
    www.fuadnurillah.blogspot.com

    ReplyDelete

Subscribe Our Newsletter

Notifications

Disqus Logo